Powered By Blogger

Rabu, 04 Februari 2009

ASAL USUL DESA SENDANGREJO

Hampir 16 tahun saya tinggal di Desa Sendangrejo, saya sangat betah tinggal di sini. Warganya sangat ramah. Dan inilah asal – usul atau asal mula nama Desa Sendangrejo diambil.

Pada zaman dahulu, daerah ini sering dilanda kekeringan akibat musim kemarau yang berkepanjangan. Warga daerah ini sangat resah. Beberapa cara telah dicoba namun tidak berhasil.

Suatu hari datang seorang pengembara dari daerah lain yang bernama Ki Sura Gatho yang gigih ingin membantu warga untuk melawan VOC. Karena kecerdikan dan kesaktian Ki Sura Gatho, VOC dapat dikalahkan.

Walaupun VOC telah dikalahkan, tetapi kekeringan masih melanda daerah ini. Suatu hari Ki Sura GAtho melakukan tapa, memohon kepada Yang Maha Kuasa agar diberi jalan atau petunjuk untuk mengakhiri kekeringan ini. Karena tidak kurung mendapat wangsit, Ki Sura Gatho putus asa dan batas kesabarannya telah habis. Akhirnya Ki Sura Gatho marah dan menancapkan ujung tombaknya ke tanah. Tiba – tiba keluar air dari tanah. Air tersebut semakin banyak dan membentuk kubangan yang sering disebut dengan sendang. Orang – orang berbondong – bondong menuju ke sendang tersebut sehingga setiap hari sendang itu ramai oleh pengunjung yang hendak mengambil air. Kemudian dari kejadian itu diambil nama untuk daerah ini yaitu “ Sendangrejo “ yang berarti sendang yang ramai atau orang jaman dahulu menyebutnya dengan rejo.

Kurang lebih begitulah cerita yang saya dengar dari para sesepuh desa tentang asal – usul desa kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar